Tips Berbisnis Online Sukses Bagi Pemula

Tips Berbisnis online sukses bagi Pemula

Hallo, salam hangat dari kami. Ayo, selama masa pandemi kalian ngapain aja nih? bingung galau atau masih bahagia dan tetap beraktivitas? Masa pandemi ini harus tetap semangat dan jangan hanya diem dikamar, tapi tetap beraktivitas dan jangan lupa juga selalu jaga kesehatan. Sambil rebahan bisa juga nih sambil mengunjungi website kami Maboormedia.web.id karena banyak sesuatu yang pastinya membantu kalian dimasa pandemi ini. Dimasa pandemi ini Anda bisa nih dapet uang meskipun hanya rebahan saja loh. Anda bisa membuka usaha melalui online loh. Gimana sih caranya? Langsung saja cek yuk artikel berikut.

1. Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Produk adalah komponen vital dalam bisnis online. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, Anda masih punya potensi untuk memenangkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal. Ingat, dengan membeli produk Anda, hal pertama yang ada di pikiran konsumen adalah masalah mereka terselesaikan, Jadi ketika memulai bisnis online, jenis bisnis apa pun itu, yang pertama kali harus Anda pikirkan adalah apakah produk Anda dibutuhkan pasar? Apakah produk Anda bisa

2. menyelesaikan masalah konsumen?

Identifikasi masalah yang dihadapi konsumen

Bagaimana menemukan produk yang dibutuhkan pasar? Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam belajar bisnis online adalah cari masalah! Yup, benar sekali, Anda harus mencari dan mengidentifikasi masalah seperti apa yang dihadapi pasar. Tidak perlu khawatir kehabisan masalah. Ada ratusan atau bahkan ribuan masalah yang dihadapi konsumen. Anda perlu melakukan observasi lapangan untuk menemukan masalah yang benar-benar dihadapi banyak orang.

3. Pilih masalah dengan potensi bisnis

Di langkah belajar bisnis online bagi pemula sebelumnya, Anda sudah mencari dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi pasar. Anda bisa menemukan puluhan atau bahkan ratusan masalah yang dihadapi pasar. Kini saatnya Anda untuk memilih masalah mana yang bisa Anda atasi. Tidak semua masalah punya potensi untuk dijadikan bisnis online. Anda perlu mencoret masalah-masalah yang tidak memiliki potensi bisnis. Lalu pilih satu masalah yang punya potensi bisnis dan Anda punya solusinya.

4. Cek tren di media sosial

Selain tren di hasil pencarian Google, Anda juga perlu mengecek tren di media sosial. Media sosial adalah tempat di mana orang bisa menumpahkan keluh kesahnya, termasuk mereview produk atau layanan. Ketikkan kata kunci yang berkaitan dengan masalah yang Anda temukan di kolom pencarian media sosial. Anda akan menemukan berbagai postingan orang-orang mengenai masalah tersebut.

5. Tentukan Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda buat. Setiap produk punya pasarnya masing-masing. Misalnya, meskipun sama-sama jam tangan, Rolex dan Casio punya target pasar yang berbeda. Rolex lebih menyasar pasar di kalangan high-class, sedangkan Casio menyasar pasar kelas menengah. Dengan target pasar yang lebih spesifik, Anda bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing.

6. Produk Apa yang Bisa Anda Jual Secara Online?

Berikut adalah beberapa contoh jenis produk yang biasa dijual via online:

- Produk fisik atau digital – Handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.

- Jasa – Pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing.

Apapun pilihannya, produk atau jasa yang Anda tawarkan harus punya unique selling points (UPS) untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

7. Buat Website

Memulai bisnis online belum afdol jika belum membuat website. Ibarat berjualan secara offline yang membutuhkan toko, bisnis online pun butuh “toko”. Kenapa harus website? Mengapa harus membuat website untuk bisnis online Anda? Karena pelanggan yang menginginkannya. Apa yang terjadi jika pelanggan tidak percaya pada bisnis online Anda? Ya pasti mereka mencari alternatif lain. Ingat, ada banyak kompetitor di luar sana yang bisa merebut pelanggan Anda.

Jika Anda tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor, Anda harus meyakinkan mereka bahwa bisnis online Anda benar-benar ada dan bukan tipu-tipu belaka. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi.

Dengan membuat website resmi, Anda akan punya domain. Sederhananya domain adalah alamat website yang unik dan tidak mungkin bisa ada dua nama domain yang sama persis. Jadi Anda bisa dengan mudah mengarahkan para konsumen untuk mengunjungi website resmi yang telah Anda buat.

Sudah Siap Memulai Bisnis Online dari Nol?Bagaimana? Apakah Anda sudah paham bagaimana cara memulai bisnis online dari nol? Semoga penjelasan di atas bisa jadi bahan belajar bisnis online gratis yang bermanfaat buat Anda. Artikel belajar bisnis online bagi pemula ini harapannya tak cuma jadi bahan bacaan saja. Tapi, juga membantu Anda memulai bisnis online sampai sukses.

CALL Call